MT-NEWS MENGUCAPKAN : SELAMAT ATAS BERDIRINYA SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) HAMZAR KABUPATEN LOMBOK UTARA. Izin KEMDIKNAS RI, Nomor: 04/D/O/2011, Tanggal 7 Januari 2011. Kampus Induk: Komplek Perguruan Yayasan Maraqitta'limat Lokok Aur Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan

Selasa, 23 November 2010

Taubat Dalam Islam


Oleh: Musyarrofah *)

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Pertama-tama mari kita panjatkan puji dan syukur kita kehadhirat Allah SWT yang telah melimpahkan kesehatan jasmani dan rohani, sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul dalam acara Kuliah Tujuh Menit (Kultum).

Shalawat dan salam kita haturkan kepada junjungan alam Nabi Saw yang telah membawa kita dari alam kegelapan kepada alam yang terang benderang yaitu Addinul Islam.

Bapak-ibu guru serta kawan-kawanku semua yang saya hormati
Taubat menurut bahasa berarti kembali. Artinya kembali kepada kefitrahan (kesucian) setelah melakukan dosa. Karena setiap manusia adalah berdosa, dan sebaik-baik orang berdosa adalah langsung bertaubat kepada Allah SWT.

Dalam melakukan taubat, manusia wajib hukumnya meninggalkan dan menyesali dosa yang sudah perbuat dan bertekad tidak akan mengulanginya lagi.

Dan taubat memiliki pengaruh besar dalam perubahan tingkah laku manusia dari yang tidak baik menjadi baik. Dan taubat itu sendiri dapat juga menimbulkan tekad mengubah prilaku dan kehidupannya sehari-hari. Firman Allah SWT, yang artinya: “Dan barang siapa yang tidak bertaubat, maka mereka itulah orang-orang yang zhalim.

Dalam keterangan ayat diatas, Allah mencela bagi orang-orang yang tidak mau bertaubat dengan sebutan zhalim atau orang yang teraniaya. Dan sebaliknya Allah memuji hamba-Nya yang mau bertaubat dan menjanjikan keberuntungan, sebagaimana firmannya: “Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung”

Sementara yang disebut dengan taubat nasuha adalah taubat yang murni karena Allah, tidak bercampur dengan sesuatu apapun. Rasulullah bersabda: “Orang yang bertaubat dari dosanya seperti orang yang tidak pernah berdosa”.

Sedangkan keutamaan taubat itu adalah menghasilkan kecintaan kepada Allah sebagaimana firmannya: “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan orang yang menyucikan dirinya”.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan semoga ada mamfaatnya untuk kita semua.
Wassalamu’alaikum wr.wb.

Musyarrofah (siswa kelas II MTs-MT Lenggorong Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. (Guru Pembimbing: Asri, Spd, dan Desi Srisandi, A.Ma)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar