MT-NEWS MENGUCAPKAN : SELAMAT ATAS BERDIRINYA SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) HAMZAR KABUPATEN LOMBOK UTARA. Izin KEMDIKNAS RI, Nomor: 04/D/O/2011, Tanggal 7 Januari 2011. Kampus Induk: Komplek Perguruan Yayasan Maraqitta'limat Lokok Aur Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan

Kamis, 04 November 2010

Mamfaatkan Pekarangan Dengan Tanaman


Lombok Utara, MT-News - Ulet dan tekun, demikianlah yang tampak pada sosok, Hamdan (55) warga Dusun Lenggorong Desa Sambik Elen, Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Buktinya, kendati beliau menjadi seorang kepala pada sebuah Madrasah swasta, namun di sela-sela istirahatnya diisi dengan menanam tanaman yang bermamfaat di pekarangan rumahnya.

“Bila sudah pulang sekolah, kalau tidak ke ladang, untuk menyiangi rumput yang ada dicelah-celah tanaman mente, waktu luang yang ada saya mamfaatkan untuk menanam kebutuhan sehari-hari di pekarangan rumah, seperti menanam cabe, kacang panjang dan kebutuhan lainnya”, katanya sambil tersenyum.

Buah cabe yang ditanam di pekarangan rumahnya sudah mulai berwarna kemerah-merahan, sebagai pertanda mau dipanen dan akan di jual ke pasar. “Cabenya hanya 50 batang, namun hasilnya, Alhamdulillah sudah bisa menutupi kebutuhan sehari-hari, bahkan banyak warga dan keluarga yang sudah dapat menikmati pedasnya cabe yang saya tanam”, tutur Hamdan yang juga Kepala Madrasah Tsnawiyah Maraqitta’limat Lenggorong ini.

Disamping sebagai guru, beliau juga sebagai petani mente yang hasilnya pertahun mencapai jutaan rupiah. Dari hasil mentenya ditabung sedikit demi sedikit sebagai bekal dihari tuanya kelak. Dia mengaku, seringkali ke ladang sambil membawa setumpuk pekerjaan yang tersimpan didalam tas hitamnya. “Kadang-kadang untuk mengerjakan tugas sekolah butuh ketenangan, sehingga saya seringkali membawa tugas itu ke ladang. Sambil duduk istirahat, saya membuka lembar demi lembar dan berusaha mengerjakannya dengan baik”, tambahnya.

Karena banyaknya tanaman di pekarangan rumahnya, tidak heran bila setiap tamu yang duduk di berugak yang terletak didepan rumahnya menjadi betah memandang daunan berwarna hijau, seperti mangga, coklat, cabe, kacang panjang, serikaya dan berbagai tanaman bermamfaat lainnya. Dan bagi tamunya yang mau belajar cara merawat tanaman, Hamdan selalu terbuka dan mengarahkan agar memamfaatkan pekarangan rumah dengan tanaman yang bermamfaat terutama untuk kebutuhan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar