MT-NEWS MENGUCAPKAN : SELAMAT ATAS BERDIRINYA SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) HAMZAR KABUPATEN LOMBOK UTARA. Izin KEMDIKNAS RI, Nomor: 04/D/O/2011, Tanggal 7 Januari 2011. Kampus Induk: Komplek Perguruan Yayasan Maraqitta'limat Lokok Aur Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan

Sabtu, 30 Oktober 2010

Pendidikan Anak Harus Dilakukan Sejak Dini


Lombok Utara, mt-news - Anak merupakan amanah dari Allah, karenanya perlu diberikan pendidikan sejak dini, sehingga menjadi anak, bukan saja berguna untuk agamanya, tapi juga bermamfaat untuk bangsa dan negara.
Demikian dikatakan H. Mashal, SH.MM, pimpinan pusat Yayasan Maraqitta’limat provinsi Nusa Tenggara Barat, ketika ditemui Suara Komunitas baru-baru ini disela-sela kunjungannya ke MI Maraqitta’limat Dusun Lokok Aur Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara.
Menurutnya, anak pada dasarnya dilahirkan dalam keadaan fitrah, dan yang membentuk watak atau karakter anak tergantung pendidikan yang diberikan kedua orang tuanya. Selain itu, karakter anak, juga dibentuk oleh pergaulan dan lingkungannya. “Jadi anak dari saat masih dalam kandungan hingga ia dewasa nanti perlu diberikan pendidikan yang baik oleh kedua orang tuanya”, jelas H. Mashal.

Sekarang ini, lanjut H. Mashal, beberapa lembaga pendidikan khusus untuk anak sudah didirikan, seperti lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK), yang tiada lain tujuannya sebagai tempat mendidik anak sejak dini. “Khusus bagi anak yang usianya 0-3 tahun, para orang tua bisa memasukkan anaknya ke PAUD yang terdekat, dan setelah itu baru masuk TK dan seterusnya”, katanya.

Hanya sangat disayangkan, katanya lagi, para guru yang mengajar di PAUD belum ada yang S1, serta belum begitu mendapat perhatian dari pemerintah terutama kesejahteraannya. “Kedepan para guru PAUD tidak perlu berkecil hati, karena selama ini seringkali para guru yang mengajar anak-anak mungil ini hanya untuk mengisi waktu luang dan beranggapan tidak bisa diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Padahal jika rata-rata guru PAUD S-1, tentu mereka bisa menuntut untuk diangkat menjadi PNS, dan saya yakin pemerintah khususnya Lombok Utara pasti akan memperhatikannya”, tegasnya.

Karenanya dia mengharapkan kepada guru PAUD untuk terus belajar dan pengejar S-1, sehingga peluang untuk diangkat menjadi pegawai terbuka lebar. “Untuk guru PAUD sebaiknya melanjutkan studynya ke jenjang yang lebih tinggi seperti masuk ke perguruan tinggi khusus PGPAUD, sehingga dia memiliki sfesialis ilmu yang mumpuni di bidang pendidikan anak usia dini”, harapnya.

Pendapat senada juga diungkapkan oleh Adlan Mamnun salah seorang pemerhati pendidikan di Kecamatan Bayan. Menurutnya, puluhan lembaga PAUD sudah berdiri di kabupaten Lombok Utara, namun belum ada yang S-1 khusus di bidang PAUD. “Ini menjadi PR yang bukan saja PR nya pemerintah tapi PR kita semua kedepan”, pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar